Tips Membeli Micro SD



Bagi pengguna smartphone pasti tidak asing lagi dengan yang namanya Micro SD.
Yaitu suatu alat yang dipakai sebagai media penyimpanan di handphone atau gadget-gadget yang lain.

Lebih-lebih bagi yang suka download aplikasi atau game di handphone pasti sangat membutuhkan alat yang satu ini.
Tapi sebelum membeli Micro SD saya sarankan untuk lebih berhati-hati. Karena selain di pasaran banyak Micro SD yang palsu,juga ada beberapa hal yang perlu diperhatikan supaya nantinya kita tidak akan rugi. Baik itu rugi tenaga,waktu maupun uang.

Nah pada postingan kali ini saya akan membagikan apa-apa saja yang perlu kita perhatikan sebelum kita membeli memory card atau Micro SD.

1.Jenis Micro SD 

Sepintas kita akan menganggap sama semua Micro SD. Padahal ada perbedaanya
        - Jenis SDHC (Secure Digital High Capasity)
        - Jenis SDXC (Secure Digital Extended Capacity)
Keduanya mempunyai perbedaan pada besar kapasitas maksimal yang didukung.


cara-memilih-microsd-2
SDHC adalah jenis MicroSD dengan kapasitas 2GB hingga 32GB, sementara SDXC sudah mendukung 32GB hingga 2TB. Jika ternyata kamu menemukan MicroSD 64GB dengan tanda SDHC, bisa dipastikan itu memori eksternal palsu!

2. Perhatikan dukungan memori eksternal smartphone

Satu foto dengan resolusi maksimal 16MP bisa menghasilkan besaran file foto kira-kira 7MB. Agar leluasa menyimpan foto, beli memori dengan kapasitas 64GB atau bahkan 128GB. Tapi, apa smartphone kamu mendukung memori eksternal dengan kapasitas sebesar itu?
Untuk itu, pastikan dulu seberapa besar dukungan memori eksternal yang bisa dibaca oleh smartphone kamu. Karena jika tidak sesuai, maka dampaknya MicroSD yang kamu beli tidak dapat digunakan. Rugi, kan?

3. Kecepatan MicroSD

Semakin cepat kecepatan MicroSD yang kamu gunakan, semakin cepat pula kamu bisa mengelola semua file yang ada di dalam MicroSD. Jika kamu adalah pengguna smartphone yang aktif menggunakan konten multimedia di smartphone, sebaiknya minimal pilih MicroSD class 10.

Kecepatan MicroSD juga ditentukan apakah jenis speed-nya UHS atau masih sebatas class. UHS adalah kepanjangan dari Ultra High Speed, yang mana lebih cepat dari sebatas yang hanya memiliki class saja.
Untuk membedakannya, di permukaan kartu memori kamu akan mendapati huruf U dengan angka 1 atau 2 untuk yang UHS, sementara untuk yang type class akan nampak huruf C yang disertai angka class-nya.

4. Perhatikan Fitur

Beberapa MicroSD dibekali fitur bawaan yang tidak dimiliki oleh MicroSD jenis lain. Seperti SanDisk yang menyediakan dukungan aplikasi SanDisk Memory Zone dengan dukungan fitur Easy File Management, BackUp Protection, dan Fast Access.

5. Garansi


 Beberapa merek ternama menawarkan garansi 1-3 tahun untuk jaminan jika ada kerusakan (bukan human error).

Itulah hal-hal yang perlu kita perhatikan dengan benar sebelum kita memutuskan membeli Micro SD

 


0 Response to "Tips Membeli Micro SD"

Post a Comment

close
Banner iklan disini